perkoprasian

Koperasi mempunyai bermacam-macam arti, tapi arti yang sudah umum dan diterima oleh semua kalangan Koperasi adalah suatu badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum. Selain itu juga koperasi adalah juga sebagai sarana untuk mempermudah masyarakat kalangan bawah dan menegah untuk meringankan biaya kehidupan sehari-hari, seperti : peminjaman modal kerja dan lain-lain.

Fungsi Peran Koperasi
Menurut Undang-undang No. 25 tahun 1992 Pasal 4 dijelaskan bahwa fungsi dan peran koperasi sebagai berikut:
Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya.
Berperan serta secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat.
Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai soko-gurunya.
Berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional, yang merupakan usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.
Mengembangkan kreativitas dan membangun jiwa berorganisasi bagi para pelajar bangsa.
Prinsip Koperasi
Menurut UU No. 25 tahun 1992 Pasal 5 disebutkan prinsip koperasi, yaitu:
Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka.
Pengelolaan dilakukan secara demokratis.
Pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) dilakukan secara adil sebanding dengan besarnya jasa usaha masing-masing anggota (andil anggota tersebut dalam koperasi).
Pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal.
Kemandirian.
Pendidikan perkoprasian.
kerjasama antar koperasi.
Jenis - jenis Koperasi
Koperasi secara umum dapat dikelompokkan menjadi koperasi konsumen, koperasi produsen dan koperasi kredit (jasa keuangan). Koperasi dapat pula dikelompokkan berdasarkan sektor usahanya.
Koperasi Simpan Pinjam
Koperasi Konsumen
Koperasi Produsen
Koperasi Pemasaran
Koperasi Jasa
Koperasi Simpan Pinjam adalah koperasi yang bergerak di bidang simpanan dan pinjaman.
Koperasi Konsumen adalah koperasi beranggotakan para konsumen dengan menjalankan kegiatannya jual beli menjual barang konsumsi.
Koperasi Produsen adalah koperasi beranggotakan para pengusaha kecil menengah(UKM) dengan menjalankan kegiatan pengadaan bahan baku dan penolong untuk anggotanya.
Koperasi Pemasaran adalah koperasi yang menjalankan kegiatan penjualan produk/jasa koperasinya atau anggotanya.
Koperasi Jasa adalah koperasi yang bergerak di bidang usaha jasa lainnya.


B. PERKEMBANGAN KOPERASI DI INDONESIA


Keberadaan Koperasi pada saat ini, khususnya di Indonesia semakin bertambah eksistensinya, khususnya di daerah pedesaan, karena selain mempermudah untuk menjual hasil pertanian dan mendapatkan untung yang besar, para penduduk desa juga terhindar dari rentenir (Lintah darat). Contohnya : KUD (Koperasi Unit Desa) yang berfungsi membantu masyarakat di pedesaan jika kekurangan modal untuk membeli bibit pertanian, selain itu masih banyak lagi Koperasi-koperasi di Indonesia yang saat ini mulai maju dan berkembang pesat, yang dikarenakan masyarakat mulai menyadari betapa pentingnya koperasi pada zaman saat ini yang perekonomian di Indonesia yang kurang bagus karena terkena krisis global.
Selain itu Koperasi membantu pemerintah untuk mengurangi tingkat kemiskinan yang sudah mendarah daging di Indonesia yaitu membuka lowongan kerja dan pemberian modal bagi masyarakat yang mempunyai keahlian tapi tidak mempunyai modal. Oleh karena itu perkembangan Koperasi di Indonesia mulai ditingkatkan demi mensejahterakan seluruh masyarakat di Indonesia.


C. TOKOH KOPERASI
Tokoh yang pertama kali yang mencetuskan Koperasi adalah Robert Owen atau sering disebut sebagai Bapak gerakan Koperasi, beliau lahir di Newton, Powys, Montgomeryshire, Wales, 14 Mei 1771 - meninggal dunia 17 November 1858 pada umur 87 tahun.
Sebelum akhir hayatnya beliau mempunyai pemikir utama sosialisme utopis, dia adalah seorang pelaku bisnis sukses yang menyumbangkan banyak laba dari bisnisnya demi meningkatkan hidup karyawannya. Dia mendirikan suatu pabrik tekstil di New Lanark, skotlandia dan memperkenalkan waktu kerja lebih pendek, membangun sekolah anak-anak dan merenovasi rumah-rumah tempat tinggal pegawainya. Ia juga menyediakan suatu komunitas Owenite yang disebut New Harmony (keselarasan Baru) di Indiana, AS.
Kontribusi utama beliau kepikiran kaum sosialis adalah pandangan yang dimana perilaku sosial manusia tidaklah tetap atau absolut, dan manusia itu mempunyai kemauan bebas untuk mengorganisir diri mereka ke dalam segala bentuk masyarakat yang mereka inginkan.
Jadi dengan pikiran utama beliau lah koperasi muncul yang bertujuan untuk mensejahterakan anggota-anggota atau karyawan juga membantu masyarakat kalangan bawah.

Ditulis Oleh : irwansyah Hari: Rabu, Agustus 31, 2011 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

jangan lupa komentar yah