PROGRAM
PROMOSI KESEHATAN
PENINGKATAN
KUALITAS PERSALINAN
Rancangan program promosi kesehatan
memfokuskan bagaimana program kemitraan pelayanan persalinan terpadu dapat
membantu peningkatan upaya keselamatan ibu dengan menjalin kemitraan dengan
lintas sektoral yang terkait. Kemitraan mengandung arti saling bertukar
pengetahuan, sumberdaya dan komitmen untuk mencapai tujuan bersama. Untuk itu
diperlukan sikap saling menghargai dan keterbukaan tentang semua hal.
Kemitraan dengan wanita. Pendekatan
partisipasif ini melibatkan kaum ibu mampu mengenali dan menentukan prioritas
masalah kesehatan ibu, menyusun rencana pemecahan masalah bersama pemerintah
setempat dan melaksanakannya. Beberapa kegiatannya adalah pelatihan dukun bayi,
pendidikan dan pelatihan kaum wanita dan pria tentang persalinan yang aman
dirumah serta tentang keluarga berencana, mengembangkan persiapan rujukan ke
rumah sakit dan mengembangkan materi informasi tentang kesehatan reproduksi.
Kemitraan dengan masyarakat dan
dukun bayi. Pelatihan petugas dalam upaya keselamatan ibu tidaklah lengkap
tanpa penyuluhan dan motivasi terhadap keluarga, masyarakat dan dukun bayi.
Kemitraan dengan bidan. Perlu
dilakukan dengan asosiasi kebidanan (IBI) dalam mendukung pelayanan kesehatan
reproduksi. Melalui asosiasi ini diharapkan para bidan mengikuti program
pelatihan kesehatan reproduksi yang mencakup penanganan kegawatan obstetri,
pencegahan infeksi dan keluarga berencana. Perhatian utama organisasi ini
adalah memaksimalkan kebijakan dan dukungan teknis yang lestari dalam menjaga
kualitas pelayanan kesehatan ibu.
Kemitraan dengan penentu kebijakan.
Kemitraan antara lembaga pembangunan, donor dan pemerintah diperlukan dalam
keberhasilan kegiatan keselamatan ibu. Kemitraan ini telah dilaksanakan
didaerah Tanjungsari, menunjukkan kemitraan antara penyandang dana, pelayanan
kesehatan pemerintah, tokoh masyarakat.
Komitmen nasional terhadap kesehatan
ibu oleh Bapenas dan Depkes memberikan lingkungan yang mendukung pelayanan
kesehatan ibu. Pemerintah telah menempatkan satu bidan disetiap desa dengan
mendidik 55.000 bidan didesa dalam kurun waktu delapan tahun. Pondok bersalin
desa dilayani oleh bidan, dukun bayi, dan kader disediakan untuk memberikan
pelayanan antenatal dan persalinan ditingkat desa.
Disamping itu, kegiatan komunikasi,
informasi dan edukasi dilaksanakan untuk mendukung kegiatan ini serta
disediakan sarana komunikasi radio dengan fasilitas merespon obstetri gawat.
Agar upaya keselamatan ibu tidak
hanya sekedar retorika tetapi menjadi kenyataan diperlukan komitmen kuat dari
penentu kebijakan, pengelola program dan masyarakat. Implikasi program
keselamatan ibu mencakup hal berikut:
v Menjamin kehadiran tenaga
kesehatan pada setiap persalinan
v Memperluas akses terhadap
pelayanan kebidanan ditingkat masyarakat
v Meningkatkan akses terhadap
pelayanan obstetri esensial, termasuk pelayanan gawat darurat.
v Menyediakan pelayanan
terpadu kesehatan reproduksi termasuk keluarga berencana dan pelayanan pasca
aborsi.
v Menjamin kesinambungan
pelayanan yang berhubungan dengan sarana rujukan dan didukung oleh bahan habis
pakai, alat, obat dan transportasi yang memadai.
Beberapa Kegiatan dalam menurunkan
AKI yaitu :
- Peningkatan kualitas dan cakupan pelayanan, melalui
- Pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan antara lain berupa penyediaan tenaga bidan di desa, kesinambungan keberadaan bidan desa, penyediaan fasilitas pertolongan persalinan pada polindes/pustu dan puskesmas, kemitraan bidan dan dukun bayi, serta berbagai pelatihan bagi petugas.
- Penyediaan pelayanan kegawatdaruratan yang berkualitas dan sesuai standar, antara lain bidan desa di polindes/pustu, puskesmas PONED (Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Dasar), Rumah sakit PONEK (Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Kualitas) 24 jam
- Mencegah terjadinya kehamilan yang tidak diinginkan dan penanganan komplikasi keguguran, antara lain dalam bentuk KIE untuk mencegah terjadinya 4 terlalu, pelayanan KB berkualitas pasca persalinan dan pasca keguguran, pelayanan asuhan pasca keguguran, meningkatkan partisipasi aktif prig
- Pemantapan kerjasama lintas program dan sektor, antara lain dengan jalan menjalin kemitraan dengan pemda, organisasi profesi (IDI, POGI, IDAI, IBI, PPNI), Perinasia, PMI, LSM dan berbagai swasta.
- Peningkatan partisipasi perempuan, keluarga dan masyarakat, antara lain dalam bentuk meningkatkan pengetahuan tentang tanda bahaya, pencegahan terlambat 1 dan 2, serta menyediakan buku KIA. Kesiapan keluarga dan masyarakat dalam menghadapi persalinan dan kegawatdaruratan (dana, transportasi, donor darah), jaga selama hamil, cegah 4 terlalu, penyediaan dan pemanfaatan yankes ibu dan bayi, partisipasi dalam jaga mutu pelayanan
- Peningkatan kapasitas manajemen pengelola program, melalui peningkatan kemampuan pengelola program agar mampu melaksanakan, merencanakan dan mengevaluasi kegiatan (PI – P2 – P3) sesuai kondisi daerah.
- Sosialisasi dan advokasi, melalui penyusunan hasil informasi cakupan program dan data informasi tentang masalah yang dihadapi daerah sebagai substansi untuk sosialisasi dan advokasi. Kepada para penentu kebijakan agar lebih berpihak kepada kepentingan ibu dan anak.
Melalui berbagai upaya antara lain
peningkatan pelayanan kesehatan, peningkatan kemampuan petugas serta melalui
dukungan dan kemitraan berbagai pihak akan sangat menentukan upaya penurunan
AKI terutama dengan memperhatikan 3 pesan kunci MPS.
Strategi berbasis masyarakat yang
akan mendukung tercapainya tujuan upaya keselamatan ibu meliputi :
ü Melibatkan anggota
masyarakat, khususnya wanita dan pelaksana pelayanan setempat, dalam upaya
memperbaiki kesehatan ibu.
ü Bekerjasama dengan
masyarakat, wanita, keluarga dan dukun/pengobat untuk mengubah sikap
terhadap keterlambatan mendapat pertolongan.
ü Menyediakan pendidikan
masyarakat untuk meningkatkan kesadaran tentang komplikasi obstetri serta kapan
dan dimana mencari pertolongan.
Konsep pengembangan sistem informasi
dan pola rujukan dalam peningkatan Upaya kesehatan ibu dapat dimulai dari dukun
bayi yang masih menjadi ujung tombak dalam pelayanan persalinan diharapkan telah
menjadi bagian tenaga pendampingan yang menjadi bagian integral kemitraan
pelayanan persalinan. Penemuan kasus persalinan akan dirujuk oleh dukun bayi ke
bidan desa yang kemudian akan dirujuk kepada tingkat yang lebih tinggi
(dokter/bidan ditingkat Puskesmas, dokter/bidan rumah sakit tingkat
kabupaten/kota dan dokter/bidan rumah sakit tingkat propinsi). Namun demikan
alur informasi dapat dirujuk ke jenjang lebih tinggi mengingat kasus kematian
persalinan masih banyak terjadi karma keterlambatan dalam memberikan
pertolongan persalinan.
Promosi kesehatan dalam sistem
informasi diarahkan bagaimana informasi tentang persalinan secepat mungkin
sampai kepada masyarakat, tenaga kesehatan yang menolong persalinan sehingga
tindakan dini dapat dilakukan dalam menolong persalinan.
Media komunikasi seperti keberadaan
handphone dapat dijadikan sebagai sarana dalam menyampaikan informasi
persalinan kepada bidan yang akan menolong persalinan. Demikian juga untuk
daerah yang sudah maju Dinas Kesehatan perlu merancang media informasi yang
dapat diakses secara online melalui pembuatan website tentang kesehatan ibu dan
anak. Sehingga melalui website ini masyarakat dapat dengan mudah memperoleh
informasi tentang kesehatan termasuk informasi tentang peningkatan upaya
keselamatan ibu dalam proses persalinan.
PROMOSI
KESEHATAN
A.
Definisi Promosi Kesehatan
Dilihat secara konsep promosi
kesehatan adalah upaya untuk mempengaruhi atau mengajak orang lain baik
individu, kelompok atau masyarakat, agar melaksanakan prilaku hidup sehat. Sedangkan
secara operasional pendidikan kesehatan adalah semua kegiatan untuk memberikan
dan atau meningkatkan pengetahuan, sikap, dan praktek masyarakat dalam
memelihara dan meningkatkan kesehatan mereka sendiri.
Promosi kesehatan pada ibu bersalin
untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan hidup sehat bagi ibu yang akan
menghadapi persalinan agar terwujud derajat kesehatan yang optimal. Diharapkan
dengan penyuluhan dan informasi dari bidan dapat membuat ibu bersalin dapat
menjalani persalinannya dengan tenang. Peristiwa kelahiran bukan hanya
merupakan proses murni fisiologis belaka, akan tetapi banyak Pula diwarnai
dengan komponen-komponen fisiologis. Tetapi ada perbedaan yang dialami oleh ibu
yang satu dengan yang lainnya. Pengalaman di masyarakat, ada ibu-ibu yang
sangat mudah melahirkan bayinya, dan ada juga ibu-ibu yang sangat sukar
melahirkan bayinya, yang kadang-kadang sampai mengalami keadaan abnormal
seperti operasi. Untuk itulah perlu dilakukannya promosi kesehatan pada ibu
bersalin yaitu untuk mengantisipasi perasaan cemas pada ibu dalam menghadapi
persalinan.
B.
Perubahan Fisiologis Pada Ibu Melahirkan
Semakin meningkat umur kehamilan,
ibu semakin merasakan pergerakan-pergerakan bayi. Perut ibu semakin besar,
pergerakan ibu semakin tidak bebas, ibu merasakan tidak nyaman. Kadang-kadang
ibu mengalami gangguan kencing, kaki bengkak. Kondisi-kondisi otot-otot panggul
dan otot-otot jalan lahir mengalami pemekaran. Keluarnya bayi itu sebagian
besar disebabkan oleh kekuatan-kekuatan kontraksi otot, dan sebagian lagi oleh
tekanan dari perut. Kontraksi dari otot-otot uterus dan pelontaran bayi keluar
amat dipengaruhi oleh: Sistem saraf simpatis, parasimpatis dan saraf lokal pada
otot uterus.
C.
Perubahan Psikologis
Pada minggu-minggu terakhir
menjelang kelahiran bayinya, ibu banyak di pengaruhi oleh
perasaan-perasaan/emosi-emosi dan ketegangan. Ibu merasa cemas apakah bayinya
dapat lahir lancar, sehat atau carat. Ibu juga amat bahagia menyongsong
kelahiran bayinya yang di idam-idamkannya.
Disamping itu ibu merasakan takut
terhadap darah, takut sakit, takut terjadi gangguan waktu melahirkan, bahkan
takut mati. Kecemasan ayah juga tidak boleh diabaikan. Kecemasan ayah hampir
sama besarnya dengan kecemasan ibu yang melahirkan, hanya berbeda sang ayah
tidak secara langsung merasakan efeknya dari kehamilan.
D.
Tanda-Tanda Permulaan Persalinan
Sebelum terjadi persalinan
sebenarnya beberapa minggu sebelumnya wanita memasuki “bulannya” atau
“minggunya” atau “harinya” yang di sebut kala pendahuluan (prepatory stage of labord).
Ini memberikan tanda-tanda sebagai berikut:
? Lightening atau settling atau
dropping yaitu kepala turun memasuki pintu atas panggul terutama pada
primigravida. Pada multipara tidak begitu terlihat.
? Perut kelihatan lebih melebar,
fundus uteri turun.
? Perasaan sering-sering atau susah
kencing (polakisuria) karena kandung kemih tertekan oleh bagian terbawah janin.
? Perasaan sakit di perut dan di
pinggang oleh adanya kontraksi-kontraksi lemah dari uterus kadang-kadang di
sebut “false labor pains”.
? Serviks menjadi lembek, mulai
mendatar dan setresinya bertambah bisa bercampur darah (bloody show).
E.
Tanda-Tanda In-Partu
Rasa sakit oleh adanya his yang
datang lebih kuat sering dan teratur. Keluarnya lendir bercampur darah yang
lebih banyak karena robekan-robekan kecil pada serviks. Kadang-kadang ketuban
pecah dengan sendirinya. Pada pemeriksaan dalam serviks mendatar dan pembukaan
telah ada. Seperti telah di kemukakan terdahulu, faktor-faktor yang berperan
dalam persalinan adalah :
- Kekuatan mendorong janin keluar (power)
- His (kontraksi uterus)
- Kontraksi otot-otot Binding perut
- Kontraksi diafragma
- Faktor janin
- Faktor jalan lahir
F.
Persiapan Persalinan
Beritahu ibu mengenai persiapan
persalinan meliputi : biaya persalinan, rencana tempat bersalin (di bidan atau
rumah sakit), siapa yang akan menolong (bidan, dokter spesialis kandungan),
sarana transportasi. Dipersiapkan juga satu buah tas yang berisi perlengkapan
bayi seperti : popok, baju bayi, minyak telon, kayu putih, talk, selimut,
selendang, dan perlengkapan untuk ibu seperti :baju ganti, pakaian dalam,
pembalut, kain panjang, dan lain-lain.
G.
Pelaksanaan Komunikasi Pada Ibu Melahirkan
Melihat berbagai bentuk kecemasan
yang muncul pada ibu yang akan melahirkan dan juga pada suami yang menunggunya
maka orientasi pelayanan bukan hanya ditujukan pada sang ibu juga sekaligus
kegiatan-kegiatan kepada sang suami. Ibu di tuntun untuk melakukan kegiatan
yang menunjang proses pelontaran/kelahiran bayi. Dalam kelahiran normal ada dua
faktor yang harus dipertimbangkan yaitu: Status resiko kehamilan dan kemajuan
persalinan dan pelahiran.
H. Tujuan
Perawatan Dalam Kelahiran Normal, Tugas Pemberi Perawatan
Tujuan perawatan adalah mendapatkan
ibu dan anak yang sehat dengan tingkat intervensi sedikit mungkin yang memperhatikan
keselamatan. Pendekatan ini menyiratkan bahwa dalam kelahiran normal, harus ada
alasan yang sahih jika akan mencampuri proses alami. Ada empat tugas pemberi
perawatan yaitu:
- Mendukung wanita, pasangannya, dan keluarga selama persalinan, saat is melahirkan dan pada periode selanjutnya.
- Mengobservasi wanita yang bersalin, memantau kondisi janin dan kondisi bayi setelah lahir, mengkaji faktor resiko, mendeteksi masalah sedini mungkin.
- Melakukan intervensi minor jika diperlukan, seperti amniotomi, dan episiotomi, perawatan bayi baru lahir.
- Merujuk ke tingkat perawatan yang lebih tinggi jika faktor resiko menjadi jelas atau terjadi komplikasi yang memperkuat perujukan.
- I. Promosi kesehatan pada ibu melahirkan meliputi beberapa aspek yaitu:
- Mengkaji Kesejahteraan Wanita Selama Persalinan
Ketika wanita persalinan spontan,
biasanya wanita tersebutlah yang memulai perawatan, baik dengan meminta
penolong kelahiran datang atau dengan melakukan atau dengan melakukan persiapan
ke fasilitas kesehatan. Tanggung jawab penolong persalinan untuk mengkaji
perawatan yang paling tepat pada awal persalinan telah dibicarakan dan
pentingnya pemberian dukungan sepanjang persalinan. Di manapun kelahiran
terjadi, terbinanya hubungan yang baik antara wanita dan pemberi perawatan
sangat penting baik mereka pernah atau belum bertemu sebelumnya. Kualitas
penerimaan yang di tawarkan kepada wanita yang mencari perawatan institusi akan
sangat menentukan tingkat kepercayaan yang di berikan oleh wanita tersebut dan
keluarganya kepada pemberi perawatan.
Selama persalinan dan melahirkan,
kesejahteraan fisik dan emosional wanita harus di kaji secara teratur, meliputi
pengukuran suhu, nadi, dan tekanan darah, memeriksa asupan cairan dan keluaran
urine, mengkaji nyeri dan kebutuhan akan dukungan. Pemantauan ini harus di
pertahankan sampai proses kelahiran berakhir. Pengkajian kesejahteraan wanita
juga di lakukan dengan memperhatikan privasi selama persalinan, menghormati
orang yang di pilih untuk menyertainya, dan menghindari kehadiran orang yang
tidak perlu dalam ruang bersalin.
- Prosedur Rutin
Persiapan kelahiran saat masuk rumah
sakit atau pusat kesehatan sering kali meliputi beberapa prosedur ” rutin “.
Seperti mengukur suhu, nadi dan tekanan darah, enema dan di ikuti dengan
mencukur semua atau sebagian rambut pubis. Prosedur rutin ini tidak boleh di
hilangkan meskipun hal tersebut harus di perkenalkan dan di jelaskan kepada
wanita dan pasangannya karena untuk mencegah atau mendeteksi secara dini
komplikasi yang kemungkinan dapat terjadi.
- Nutrisi
Nutrisi adalah subjek yang sangat
penting dan pada saat yang sama sangat bervariasi. Pendekatan yang tepat
tampaknya tidak menghambat keinginan wanita untuk makan dan minuet selama
persalinan dan melahirkan., karena dalam kelahiran normal harus ada alasan yang
shahih jika ingin mencampuri proses alami. Namun sangat ketakutan yang sangat
sulit lenyap dan rutinitas di seluruh dunia, yang masing-masing membutuhkan
penanganan dengan cara berbeda. Dengan dilakukan promosi kesehatan tentang
nutrisi pada ibu bersalin inilah di harapkan akan mampu mengurangi rutinitas
pemenuhan nutrisi dengan ketakutan makan makanan tertentu.
- Tempat Melahirkan
Praktik persalinan dirumah dibantu
yang benar memerlukan beberapa persiapan yang esensial. Penolong persalinan
harus memastikan bahwa tersedia air bersih dan ruangan untuk tempat melahirkan
yang hangat. Mencuci tangan harus di lakukan dengan cermat. Pakaian atau handuk
hangat harus di siapkan untuk membungkus bayi agar tetap hangat. Jadi paling
tidak harus ada beberapa bentuk peralatan melahirkan yang bersih sesuai
rekomendasi WHO, yang bertujuan menciptakan lapangan persalinan sebersih
mungkin dan memberi perawatan tali pusat yang adekuat.
- Nyeri Persalinan
Hampir semua wanita mengalami nyeri
selama persalinan, tetapi respon setiap wanita terhadap nyeri persalinan
berbeda-beda. Ada beberapa metode non-invasif sekaligus non-farmakologis untuk
mengurangi rasa nyeri yang dapat di gunakan selama persalinan. Banyak wanita
merasa nyeri berkurang dengan mandi, sentuhan dan pijatan. Ada pula wanita yang
mengatasi nyeri dengan cara relaksasi yang di lakukan secara verba, menjauhkan
wanita dari nyerinya secara hipnotis, musik dan umpan balik biologic.
Semua budaya mempunyai cara
masing-masing untuk membantu dan memimpin persalinan. Beberapa budaya tersebut
menjelaskan kebiasaannya dengan cara sihir, yang lain mencoba memberi
penjelasan yang lebih masuk akal tentang sistem yang di terapkan. Ciri umum
dari metode-metode ini adalah pemberian perhatian yang intens kepada wanita
selama persalinan dan melahirkan. Mungkin inilah alasan mengapa begitu banyak
wanita hamil merasa metode ini nyaman dan banyak membantu. Laporan yang
menyebut bahwa wanita merasa metode tersebut membuat nyaman barn merupakan
hasil observasi. Meskipun wanita yang mengalami peredaan nyeri dengan
metode-metode tersebut dapat di benarkan. Pelatihan dalam melakukan konseling
atau promosi kesehatan dan keterampilan komunikasi interpersonal sangat penting
untuk semua yang merawat wanita usia reproduktif (Kwast, 1995).
- Memantau Janin Selama Persalinan
Memantau kesejahteraan janin adalah
bagian-bagian perawatan yang penting selama persalinan. Metode pilihan untuk
pemantauan janin selama persalinan normal adalah auskultasi intermiten.
Perawatan secara individual pada wanita melahirkan sangat esensial dan bisa
dilakukan dengan lebih mudah melalui kontak pribadi saat melakukan auskultasi
secara teratur. Hanya pada wanita dengan peningkatan resiko misalnya pada
persalinan yang diinduksi atau diaugmentasi, komplikasi oleh cairan amnion yang
tercemar oleh mekonium, atau oleh faktor resiko lain. Maka pemantauan
elektronik dan konseling menjadi bermanfaat.
- Kebersihan
Di manapun proses persalinan dan
melahirkan ditangani, kebersihan adalah kebutuhan yang paling penting dan
utama. Sterilisasi yang biasa di gunakan di kamar operasi tidak diperlukan
tetapi kuku harus pendek dan bersih Berta tangan harus di cuci dengan air sabun
secara cermat. Beberapa tindakan harus diambil selama persalinan untuk mencegah
kemungkinan infeksi pada wanita dan atau penolong persalinan. Tindakan ini
meliputi penghindaran kontak langsung dengan darah dan cairan tubuh lain,
penggunaan sarung tangan selama pemeriksaan vagina, selama pelahiran bayi, dan
dalam penanganan placenta. Penting untuk mengurangi kemungkinan terjadinya
infeksi dengan mempertahankan teknik invasif misalnya episiotomi seminimal
mungkin dan jika melakukan perawatan tambahan.
Masalah kesehatan bagi penduduk
di kota maupun di perdesaan Indonesia masih saja merupakan masalah yang pelik.
Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya program kesehatan yang diterapkan dan
terus dikembangkan belum berjalan dengan baik, baik itu program kesehatan baru
maupun program kesehatan hasil modifikasi program lama. Banyak pelayanan kesehatan
yang belum memadai. Indikator yang penting adalah kematian ibu dan bayi yang
masih tinggi. Tak dapat disangkal lagi, ilmu kedokteran modern telah berkembang
pesat sehingga meninggalkan konsep lama yang dibatasi oleh penggunaan teknis
medis modern dalam melawan penyakit. Upaya bidang kesehatan masyarakat seperti
peningkatan taraf kesehatan perorangan, pendidikan kesehatan, pencegahan dan
pemberantasan penyakit menular, dan keluarga berencana harus juga
memperhitungkan pengetahuanpengetahuan lain mengenai kebiasaan, adat istiadat,
dan tingkat pengetahuan traditional medicine masyarakat setempat. Seringkali,
program kesehatan menemui kegagalan karena dicoba untuk dijalankan hanya
semata-mata dengan berpedoman kepada pertimbangan teknis medis yang ’kaku’. Salah
satu program yang belum mencapai sasaran sebagaimana yang diharapkan, adalah
pertolongan persalinan. Hampir di seluruh Indonesia masih banyak persalinan
yang ditolong oleh dukun bayi.
Tenaga dukun bayi sejak dahulu
kala sampai sekarang merupakan pemegang peranan penting dalam pelayanan
kebidanan. Dalam lingkungan dukun bayi merupakan tenaga terpercaya dalam segala
soal yang terkait dengan reproduksi wanita. Ia selalu membantu pada masa
kehamilan, mendampingi wanita saat bersalin, sampai persalinan selesai dan
mengurus ibu dan bayinya dalam masa nifas.
Dukun bayi biasanya seorang
wanita sudah berumur ± 40 tahun ke atas. Pekerjaan ini turun temurun dalam
keluarga atau karena ia merasa mendapat pangglan tugas ini. Pengetahuan tentang
fisiologis dan patologis dalam kehamilan, persalinan, serta nifas sangat
terbatas oleh karena itu apabila timbul komplikasi ia tidak mampu untuk
mengatasinya, bahkan tidak menyadari akibatnya, dukun tersebut menolong hanya
berdasarkan pengalaman dan kurang professional. Berbagai kasus sering menimpa
seoarang ibu atau bayinya seperti kecacatan bayi sampai pada kematian ibu dan
anak.
Dalam usaha meningkatkan
pelayanan kebidanan dan kesehatan anak maka tenaga kesehatan seperti bidan
mengajak dukun untuk melakukan pelatihan dengan harapan dapat meningkatkan
kemampuan dalam menolong persalinan, selain itu dapat juga mengenal tanda-tanda
bahaya dalam kehamilan dan persalinan dan segera minta pertolongan pada bidan.
Dukun bayi yang ada harus ditingkatkan kemampuannya, tetapi kita tidak dapat
bekerjasama dengan dukun bayi dalam mengurangi angka kematian dan angka
kesakitan (Prawirohardjo, 2005).
B. Pengertian
Pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan non-medis seringkali dilakukan oleh seseorang yang disebut sebagai dukun beranak, dukun bersalin atau peraji. Pada dasarnya dukun bersalin diangkat berdasarkan kepercayaan masyarakat setempat atau merupakan pekerjaan yang sudah turun temurun dari nenek moyang atau keluarganya dan biasanya sudah berumur ± 40 tahun ke atas ( Prawirohardjo, 2005).
Dukun bayi adalah profesi seseorang yang dalam aktivitasnya, menolong proses persalinan seseorang, merawat bayi mulai dari memandikan, menggendong, belajar berkomunikasi dan lain sebagainya. Dukun bayi biasanya juga selain dilengkapi dengan keahlian atau skill, juga dibantu dengan berbagai mantra khusus yang dipelajarinya dari pendahulu mereka. Proses pendampingan tersebut berjalan sampai dengan bayi berumur 2 tahunan. Tetapi, pendampingan yang sifatnya rutin sekitar 7 – 10 hari pasca melahirkan
PEMBAHASANPertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan non-medis seringkali dilakukan oleh seseorang yang disebut sebagai dukun beranak, dukun bersalin atau peraji. Pada dasarnya dukun bersalin diangkat berdasarkan kepercayaan masyarakat setempat atau merupakan pekerjaan yang sudah turun temurun dari nenek moyang atau keluarganya dan biasanya sudah berumur ± 40 tahun ke atas ( Prawirohardjo, 2005).
Dukun bayi adalah profesi seseorang yang dalam aktivitasnya, menolong proses persalinan seseorang, merawat bayi mulai dari memandikan, menggendong, belajar berkomunikasi dan lain sebagainya. Dukun bayi biasanya juga selain dilengkapi dengan keahlian atau skill, juga dibantu dengan berbagai mantra khusus yang dipelajarinya dari pendahulu mereka. Proses pendampingan tersebut berjalan sampai dengan bayi berumur 2 tahunan. Tetapi, pendampingan yang sifatnya rutin sekitar 7 – 10 hari pasca melahirkan
A. Cara cara yang digunakan oleh para dukun bayi
Tak berbeda dengan seorang bidan, dukun beranak melakukan pemeriksaan kehamilan melalui indri raba (palpasi). Biasanya perempuan yang mengandung, sejak mengidam sampai melahirkan selalu berkonsultasi kepada dukun, bedanya dibidan perempuan yang mengandunglah yang datang ketempat praktek bidan untuk berkonsultasi. Sedangkan dukun ia sendiri yang berkeliling dari pintu ke pintu memeriksa ibu yang hamil. Sejak usia kandungan 7 bulan control dilakukan lebih sering. Dukun menjaga jika ada gangguan, baik fisik maupun non fisik terhadap ibu dan janinnya. Agar janin lahir normal, dukun biasa melakukan perubahan posisi janin dalam kandungan dengan cara pemutaran perut (diurut-urut)disertai doa
Ketika usia kandungan 4 bulan, dukun melakukan upacara tasyakuran katanya janin mulai memiliki roh.hal itu terasa pada perut ibu bagian kanan ada gerakan halus. Pada usia kandungan 7 bulan, dukun melakukan upacara tingkeban. Katanya janin mulai bergerak meninggalkan alam rahim menuju alam dunia, melalui kelahiran. Calon ibu mendapat perawatan khusus, selain perutnya dielus-elus, badannya juga dipijat-pijat, dari ujung kepala sampai ujung kaki. Malah disisir dan di bedaki agar ibu hamil tetap cantik meskipun perutnya makan lama makin besar
B. Faktor-faktor Penyebab
Mengapa Masyarakat Lebih Memilih Dukun Bayi daripada Bidan
Masih banyak masyarakat yang memilih persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan dukun bayi daripada bidan disebabkan oleh beberapa faktor antara lain:
Masih banyak masyarakat yang memilih persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan dukun bayi daripada bidan disebabkan oleh beberapa faktor antara lain:
1. Kemiskinan
Tersedianya berbagai jenis pelayanan publik serta persepsi tentang nilai dan mutu pelayanan merupakan faktor penentu apakah rakyat akan memilih kesehatan atau tidak. Biasanya, perempuan memilih berdasarkan penyedia layanan tersebut, sementara laki-laki menentukan pilihan mereka berdasarkan besar kecilnya biaya sejauh dijangkau oleh
masyarakat miskin.
Walaupun biaya merupakan alasan yang menentukan pilihan masyarakat miskin, ada sejumlah faktor yang membuat mereka lebih memilih layanan yang diberikan oleh dukun. Biaya pelayanan yang diberikan oleh bidan di desa untuk membantu persalinan lebih besar daripada penghasilan RT miskin dalam satu bulan. Disamping itu, biaya tersebut pun harus dibayar tunai. Sebaliknya, pembayaran terhadap dukun lebih lunak secara uang tunai dan ditambah barang.
Tersedianya berbagai jenis pelayanan publik serta persepsi tentang nilai dan mutu pelayanan merupakan faktor penentu apakah rakyat akan memilih kesehatan atau tidak. Biasanya, perempuan memilih berdasarkan penyedia layanan tersebut, sementara laki-laki menentukan pilihan mereka berdasarkan besar kecilnya biaya sejauh dijangkau oleh
masyarakat miskin.
Walaupun biaya merupakan alasan yang menentukan pilihan masyarakat miskin, ada sejumlah faktor yang membuat mereka lebih memilih layanan yang diberikan oleh dukun. Biaya pelayanan yang diberikan oleh bidan di desa untuk membantu persalinan lebih besar daripada penghasilan RT miskin dalam satu bulan. Disamping itu, biaya tersebut pun harus dibayar tunai. Sebaliknya, pembayaran terhadap dukun lebih lunak secara uang tunai dan ditambah barang.
2. Masih langkanya tenaga bidan
di daerah-daerah pedalaman
Sekarang dukun di kota semakin berkurang meskipun sebetulnya belum punah sama sekali bahkan disebagian besar kabupaten, dukun bayi masih eksis dan dominan.
Sekarang dukun di kota semakin berkurang meskipun sebetulnya belum punah sama sekali bahkan disebagian besar kabupaten, dukun bayi masih eksis dan dominan.
3. Kultur budaya masyarakat
Masyarakat kita terutama di pedesaan, masih lebih percaya kepada dukun bayi daripada kepada bidan apalagi dokter. Rasa takut masuk rumah sakit maih melekat pada kebanyakan kaum perempuan. Kalaupun terjadi kematian ibu atau kematian bayi mereka terima sebagai musibah yang bukan ditentukan manusia
Selain itu masih banyak perempuan terutama muslimah yang tidak membenarkan pemeriksaan kandungan, apalagi persalinan oleh dokter atau para medis laki-laki. Dengan sikap budaya dan agama seperti itu, kebanyakan kaum perempuan di pedesaan tetap memilih dukun beranak sebagai penolong persalinan meskipun dengan resiko sangat tinggi.
Masyarakat kita terutama di pedesaan, masih lebih percaya kepada dukun bayi daripada kepada bidan apalagi dokter. Rasa takut masuk rumah sakit maih melekat pada kebanyakan kaum perempuan. Kalaupun terjadi kematian ibu atau kematian bayi mereka terima sebagai musibah yang bukan ditentukan manusia
Selain itu masih banyak perempuan terutama muslimah yang tidak membenarkan pemeriksaan kandungan, apalagi persalinan oleh dokter atau para medis laki-laki. Dengan sikap budaya dan agama seperti itu, kebanyakan kaum perempuan di pedesaan tetap memilih dukun beranak sebagai penolong persalinan meskipun dengan resiko sangat tinggi.
4. Bidan desa kurang Proaktif
Departemen Kesehatan (Depkes) dengan program Pendidikan Bidan Desa merupakan suatu upaya untuk menurunkan AKI (Angka Kematian Ibu). Program Pendidikan Bidan Desa menjadi program unggulan Depkes yang dilakukan dengan memberikan pendidikan tambahan satu tahun sesudah pendidikan SPK (Sekolah Pendidikan Kebidanan) bagi calon didiknya. Program ini tidak luput dari kesulitan karena beberapa alasan:
1) calon bidan desa usianya terlalu muda, kebanyakan belum menikah,
2) program satu tahun tidak cukup untuk bisa menangani persalinan sendiri, tidak jarang dalam waktu pendidikan calon bidan desa hanya mengalami satu kali persalinan sendiri atau bersama kelompok,
3) banyak bidan desa merangkap menjadi mahasiwa perguruan tinggi pada sore harinya di tempat lain. Otomatis mereka tidak siap menolong persalinan pada sore dan malam hari,
4) Pendidikan di kota memberikan dampak bahwa bidan desa lebih menyenangi kehidupan di kota daripada di tempat terpencil di desa.
Departemen Kesehatan (Depkes) dengan program Pendidikan Bidan Desa merupakan suatu upaya untuk menurunkan AKI (Angka Kematian Ibu). Program Pendidikan Bidan Desa menjadi program unggulan Depkes yang dilakukan dengan memberikan pendidikan tambahan satu tahun sesudah pendidikan SPK (Sekolah Pendidikan Kebidanan) bagi calon didiknya. Program ini tidak luput dari kesulitan karena beberapa alasan:
1) calon bidan desa usianya terlalu muda, kebanyakan belum menikah,
2) program satu tahun tidak cukup untuk bisa menangani persalinan sendiri, tidak jarang dalam waktu pendidikan calon bidan desa hanya mengalami satu kali persalinan sendiri atau bersama kelompok,
3) banyak bidan desa merangkap menjadi mahasiwa perguruan tinggi pada sore harinya di tempat lain. Otomatis mereka tidak siap menolong persalinan pada sore dan malam hari,
4) Pendidikan di kota memberikan dampak bahwa bidan desa lebih menyenangi kehidupan di kota daripada di tempat terpencil di desa.
. Keadaan ini menyebabkan
hubungan yang kurang sehat antara masyarakat, khususnya ibu dan dukun bayi yang
sudah ada di masyarakat dengan bidan desa yang merupakan pendatang baru. Selain
kurang proaktif\ bidan desa juga masih kurang percaya diri untuk membaur dengan
masyakat. Perubahan sikap dan perilaku dari bidan desa untuk menyesuaikan diri
di masyarakat memerlukan waktu
C. Masalah yang dapat ditimbulkan
apabila persalinan ditolong oleh Dukun Bayi
Masalah yang ditimbulkan bila persalinan ditolong oleh selain tenaga-medis cenderung tinggi akibat pertolongan persalinan tanpa tenaga & fasilitas memadai. Karena persalinan masih ditangani oleh dukun beranak atau peraji, kasus kematian ibu saat melahirkan masih tetap tinggi. Pertolongan gawat darurat bila terjadi kasus perdarahan atau infeksi yang diderita ibu yang melahirkan, tidak dapat dilakukan.
Definisi masyarakat yang masih menggunakan tenaga bidan bayi tentang mutu pelayanan berbeda dengan definisi standar medis. Kelemahan utama dari mutu pelayanan adalah tidak terpenuhinya standar minimal medis oleh para dukun beranak, seperti dengan praktek yang tidak steril(memotong tali pusat dengan sebilah bambu dan meniup lubang hidung bayi yang baru lahir dengan mulut). Selain itu, pertolongan persalinan oleh dukun sering menimbulkan kasus persalinan, diantaranya kepala bayi sudah lahir tetapi badannya masih belum bisa keluar atau partus macet, itu disebabkan karena cara memijat dukun bayi tersebut kurang profesional dan hanya berdasarkan kepada pengalaman.
Masalah yang ditimbulkan bila persalinan ditolong oleh selain tenaga-medis cenderung tinggi akibat pertolongan persalinan tanpa tenaga & fasilitas memadai. Karena persalinan masih ditangani oleh dukun beranak atau peraji, kasus kematian ibu saat melahirkan masih tetap tinggi. Pertolongan gawat darurat bila terjadi kasus perdarahan atau infeksi yang diderita ibu yang melahirkan, tidak dapat dilakukan.
Definisi masyarakat yang masih menggunakan tenaga bidan bayi tentang mutu pelayanan berbeda dengan definisi standar medis. Kelemahan utama dari mutu pelayanan adalah tidak terpenuhinya standar minimal medis oleh para dukun beranak, seperti dengan praktek yang tidak steril(memotong tali pusat dengan sebilah bambu dan meniup lubang hidung bayi yang baru lahir dengan mulut). Selain itu, pertolongan persalinan oleh dukun sering menimbulkan kasus persalinan, diantaranya kepala bayi sudah lahir tetapi badannya masih belum bisa keluar atau partus macet, itu disebabkan karena cara memijat dukun bayi tersebut kurang profesional dan hanya berdasarkan kepada pengalaman.
D. Usaha Untuk membangun
Kemitraan Bidan dengan Dukun Bayi
Kemitraan adalah suatu bentuk kerjasama antara bidan dengan dukun dimana setiap kali ada pasien yang hendak bersalin, dukun akan memanggil bidan. Pada saat pertolongan persalinan tersebut ada pembagian peran antara bidan dengan dukunnya. Sebenarnya, selain pada saat persalinan ada juga pembagian peran yang dilakukan pada saat kehamilan dan masa nifas, tetapi memang yang lebih banyak diutarakan adalah kerjasama pada saat
persalinan.
Peranan bidan lebih ditekankan kepada persalinan dan masa nifas. Pada saat persalinan, sudah semestinya peran bidan porsinya lebih besar dibandingkan dengan peran dukun. Selain menolong persalinan, bidan pun dapat memberikan suntikan kepada pasien yang membutuhkannya atau dapat dengan segera merujuk ke rumah sakit jika ada persalinan yang gawat atau sulit. Peran dukun hanya sebatas membantu bidan seperti mengelus-elus tubuh pasien, memberikan minum bila pasien membutuhkan dan yang terutama adalah memberikan kekuatan batin kepada pasien. Kehadiran dukun bayi sangatlah penting karena pasien beranggapan bahwa bila saat melahirkan ditunggui oleh dukun, maka persalinan akan berjalan lancar.
Usaha-usaha peningkatan pelayanan kesehatan seperti yang tercermin dalam program dukun latih itu memang bukan bertujuan untuk menghilangkan peranan yang dimainkan oleh sistem perawatan kesehatan yang lama dan menggantinya dengan sistem perawatan kesehatan yang baru. Pendidikan yang diberikan dalam program dukun latih itu justru terwujud sebagai pengakuan untuk menyelenggarakan (enforcement) pelayanan kesehatan kepada lembaga dukun bayi, khususnya penyelenggaraan proses pertolongan persalinan bagi masyarakat yang tinggal di daerah-daerah dimana fasilitas pelayanan kesehatan baru sangat terbatas. Lebih dari itu, dengan pendidikan yang diberikan, dukun bayi dianggap mampu mengantikan kehadiran fasilitas kesehatan yang baru yang diharapkan dapat meningkatkan taraf kesehatan penduduk.
Pendidikan/kursus dukun bayi juga dimaksudkan untuk pemberian pengetahuan yang melengkapi sifatnya, dengan harapan dapat menurunkan resiko persalinan dan meningkatkan harapan hidup bayi dan ibunya. Dengan demikian, tugas-tugas pelayanan medis dilimpahkan pada dukun bayi yang memang tinggal bersama masyarakat setempat.
Namun yang perlu diperhatikan, pengetahuan dan alih teknologi membutuhkan waktu sebelum pengetahuan dan teknologi tersebut benar-benar jadi milik masyarakat yang bersangkutan. Sebagaimana yang dikemukan oleh Michael Winkelman, ada tiga faktor penghalang dalam pelaksanaan atau penerapan program yang disebut the three delays yaitu:
1) rintangan budaya (cultural barrier),
2) rintangan sosial (social barrier), dan
3) rintangan psikologis (psychological barrier).
Kemitraan adalah suatu bentuk kerjasama antara bidan dengan dukun dimana setiap kali ada pasien yang hendak bersalin, dukun akan memanggil bidan. Pada saat pertolongan persalinan tersebut ada pembagian peran antara bidan dengan dukunnya. Sebenarnya, selain pada saat persalinan ada juga pembagian peran yang dilakukan pada saat kehamilan dan masa nifas, tetapi memang yang lebih banyak diutarakan adalah kerjasama pada saat
persalinan.
Peranan bidan lebih ditekankan kepada persalinan dan masa nifas. Pada saat persalinan, sudah semestinya peran bidan porsinya lebih besar dibandingkan dengan peran dukun. Selain menolong persalinan, bidan pun dapat memberikan suntikan kepada pasien yang membutuhkannya atau dapat dengan segera merujuk ke rumah sakit jika ada persalinan yang gawat atau sulit. Peran dukun hanya sebatas membantu bidan seperti mengelus-elus tubuh pasien, memberikan minum bila pasien membutuhkan dan yang terutama adalah memberikan kekuatan batin kepada pasien. Kehadiran dukun bayi sangatlah penting karena pasien beranggapan bahwa bila saat melahirkan ditunggui oleh dukun, maka persalinan akan berjalan lancar.
Usaha-usaha peningkatan pelayanan kesehatan seperti yang tercermin dalam program dukun latih itu memang bukan bertujuan untuk menghilangkan peranan yang dimainkan oleh sistem perawatan kesehatan yang lama dan menggantinya dengan sistem perawatan kesehatan yang baru. Pendidikan yang diberikan dalam program dukun latih itu justru terwujud sebagai pengakuan untuk menyelenggarakan (enforcement) pelayanan kesehatan kepada lembaga dukun bayi, khususnya penyelenggaraan proses pertolongan persalinan bagi masyarakat yang tinggal di daerah-daerah dimana fasilitas pelayanan kesehatan baru sangat terbatas. Lebih dari itu, dengan pendidikan yang diberikan, dukun bayi dianggap mampu mengantikan kehadiran fasilitas kesehatan yang baru yang diharapkan dapat meningkatkan taraf kesehatan penduduk.
Pendidikan/kursus dukun bayi juga dimaksudkan untuk pemberian pengetahuan yang melengkapi sifatnya, dengan harapan dapat menurunkan resiko persalinan dan meningkatkan harapan hidup bayi dan ibunya. Dengan demikian, tugas-tugas pelayanan medis dilimpahkan pada dukun bayi yang memang tinggal bersama masyarakat setempat.
Namun yang perlu diperhatikan, pengetahuan dan alih teknologi membutuhkan waktu sebelum pengetahuan dan teknologi tersebut benar-benar jadi milik masyarakat yang bersangkutan. Sebagaimana yang dikemukan oleh Michael Winkelman, ada tiga faktor penghalang dalam pelaksanaan atau penerapan program yang disebut the three delays yaitu:
1) rintangan budaya (cultural barrier),
2) rintangan sosial (social barrier), dan
3) rintangan psikologis (psychological barrier).
Ketiga hal tersebut yang perlu
dicermati dalam penyusunan program pelatihan agar pengetahuan dan teknologi
yang dilatihkan menjadi milik masyarakat setempat.
KESIMPULAN
Masyarakat masih banyak yang
beranggapan bahwa bila persalinan ditolong oleh bidan biayanya mahal sedangkan
bila ditolong oleh dukun bisa membayar berapa saja. Penyebab lain mengapa bidan
tidak dipilih dalam membantu persalinan adalah bahwa selain umurnya masih
relatif muda, bidan dipandang belum memiliki pengalaman melahirkan dan
kebanyakan belum dikenal oleh masyarakat. Peranan dukun bayi dalam proses
kehamilan dan persalinan berkaitan sangat erat dengan budaya setempat dan
kebiasaan setempat. Dari konsep ’the three delays’, salah satu faktor kematian
ibu dan bayi adalah terlambatnya pengambilan keputusan yang diambil oleh
keluarga dan masyarakat termasuk dukunnya. Maka wajarlah jika terjadi kematian
ibu dan bayi karena akibat dari terlambatnya mengambil keputusan dari keluarga,
masyarakat dan dukun, sehingga keluarga, masyarakat dan dukun ikut bertanggung
jawab terhadap kesehatan ibu dan bayinya.
Kemitraan merupakan salah satu solusi untuk menurunkan kematian ibu dan bayi. Pendekatan ini terutama akan menguntungkan daerah-daerah terpencil dimana akses terhadap pelayanan kesehatan sangat terbatas.
Kemitraan merupakan salah satu solusi untuk menurunkan kematian ibu dan bayi. Pendekatan ini terutama akan menguntungkan daerah-daerah terpencil dimana akses terhadap pelayanan kesehatan sangat terbatas.
.
REFERENSI
1. Anggorodi, Rina., Dukun Bayi Dalam Persalinan Oleh Masyarakat Indonesia, Makara, Kesehatan, Vol. 13, No. 1, Juni 2009: 9-14
2. http://id.wikipedia.org/wiki/Dukun_bayi, diakses pada tanggal 9 Desember 2009
3. Prawirahardjo, Sarwono. 2005. Ilmu Kebidanan. Jakarta: YBPSP
4. Winkelman M. Shamanism as an Evolved Healing Responses. In: Winkelman M. Culture and Health: Applying Medical Anthropology. San Fransisco: Jossey-Bass, 2008
5. www.surabaya-ehealth.org/content/program-kemitraan-bidan-dengan-dukun, diakses pada tanggal 9 Desember 2009
1. Anggorodi, Rina., Dukun Bayi Dalam Persalinan Oleh Masyarakat Indonesia, Makara, Kesehatan, Vol. 13, No. 1, Juni 2009: 9-14
2. http://id.wikipedia.org/wiki/Dukun_bayi, diakses pada tanggal 9 Desember 2009
3. Prawirahardjo, Sarwono. 2005. Ilmu Kebidanan. Jakarta: YBPSP
4. Winkelman M. Shamanism as an Evolved Healing Responses. In: Winkelman M. Culture and Health: Applying Medical Anthropology. San Fransisco: Jossey-Bass, 2008
5. www.surabaya-ehealth.org/content/program-kemitraan-bidan-dengan-dukun, diakses pada tanggal 9 Desember 2009
0 komentar:
Posting Komentar
jangan lupa komentar yah