MAKALAH BIOSTATISTIK

TUGAS I

1. Apa yang di maksud dengan data?



A. Data adalah keterangan mengenai sesuatu hal yang sudah sering terjadi dan berupa himpunan fakta, angka, grafik, tabel, gambar, lambang, kata, huruf-huruf yang menyatakan sesuatu pemikiran, objek, serta kondisi dan situasi.
Sumber: NUZULLA AGUSTINA


B. Data adalah kumpulan kejadian/peristiwa yang terjadi di dunia nyata. Data dapat berupa angka-angka, huruf-huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari semuanya.
Sumber:  LIA KUSWAYATNO

C. Data adalah kumpulan informasi yang diperoleh dari hasil suatu pengamatan. Data dapat berupa angka atau lambang
Sumber:  SLAMET RIYADI




2. Tuiskan skala- skala  pengukuran beserta contohnya

1. Nominal
    Skala ini merupakan skala pengukuran terendah. Skala ini hanya berfungsi sebagai kategorisasi. Tidak menunjukkan adanya indikasi apakah sesuatu itu bersifat lebih tinggi dari pembandingnya. Peneliti hanya menggunakan angka sebagai alat bantu koding saja.
Contoh: Dalam kuesioner terdapat pertanyaan mengenai jenis kelamin (gender) jawabannya hanya ada 2, pria atau wanita. Dalam pengolahan data, peneliti dapat memberikan kode 1 =wanita dan kode 2=pria. Koding ini sangat bergantung pada peneliti. Bisa saja peneliti membaliknya, dimana pria=1 dan wanita=2. Koding tersebut tidak dimaksudkan untuk menunjukan bahwa wanita dengan kode 1, lebih tinggi derajatnya dibandingkan pria dengan kode 2.

2. Ordinal
Ordinal berasal dari kata order. Skala ini menunjukkan adanya rangking. Namun jarak antar rangking 1, 2, 3, dst tidaklah tetap.
Contoh:
Nama Rangking  Rata-rata Nilai
Amir 1       9.00
Budi 2       8.75
Wati 3       8.00

Dari data tersebut, terlihat bahwa meskipun Amir menduduki rangking 1, rata-rata nilainya hanya memiliki selisih 0,25 dibandingkan Budi yang menduduki rangking 2. Adapun jarak antara rangking 2 dengan rangking 3 adalah sebesar 0,75. Rangking tersebut tergolong data ordinal yang mengindikasikan bahwa nilai Amir>Budi>Wati, meskipun secara rata-rata jaraknya tidaklah sama.

3. Interval
Skala interval menunjukkan adanya rangking, jarak yang konstan, dapat dilakukan operasi matematika,  namun dengan nilai nol yang tidak mutlak (no absolute zero)
Contoh:
Temperatur Celcius  Kelvin
Titik Beku 0      273,15
Suhu Badan Normal  36,8      310

Data temperatur tergolong  data interval karena semakin tinggi skor suhu, maka kedudukannya lebih tinggi. Jika kita  bandingkan selisih antara titik beku skala temperatur celcius dengan Kelvin, maka selisihnya sama yaitu sebesar 36,8 derajat. Namun nilai 0 dalam suhu, hanyalah berdasarkan konvensi saja.

4. Rasio
Rasio merupakan skala tertinggi yang memiliki seluruh sifat skala nominal, ordinal dan interval. Nilai nol dalam skala ini bersifat mutlak. Peneliti juga dapat melakukan operasi matematika. Yang membedakannya dengan skala interval adalah ia memiliki nilai nol mutlak.
Contoh:
Bulan Pendapatan
Januari 1 juta
Februari 2 Juta
Maret 0
April 2 juta
Mei 5 Juta
Total 10 Juta

Sumber: Churchill, Gilbert A. 2005. “Dasar-Dasar Riset Pemasaran”, Edisi 4, Jilid I,
Alih Bahasa Oleh Andriani, Dkk, Penerbit Erlangga, Jakarta.



3. Apa yang dimaksut dengan:
1. Wawancara?
2. Angket?
3. Pemeriksaan?
4. Pengamatan?



1. Wawancara merupakan percakapan antara dua orang atau lebih dan berlangsung antara yang mewawancarai dan yang diwawancarai. Wawancara yang dalam istilah lain dikenal dengan interview merupakan suatu metode pengumpulan berita, data, atau fakta di lapangan.
        Sumber: http://spotindo.com/search/pengertian+wawancara

  Wawancara adalah percakapan dengan maksud tertentu. Percakapan         itu dilakukan oleh dua pihak, yaitu pewawancara (interviewer) yang mengajukan pertanyaan dan terwawancara (interviewee) yang memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut.
Sumber:  (Lexy J, 2006 :186).

Sumber: http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/presenting/2170427-pengertian-dan-fungsi-wawancara/#ixzz1q74g1eHN


2. Angket
  angket adalah tiga kegiatan pengumpulan data yang berbeda dalam hal bagaimana data diperoleh dan oleh siapa data ditulis. Data atau jawaban dalam observasi diperoleh melalui pengamatan dan dituliskan oleh pengamat atau peneliti di dalam lembar pereka .
 angket adalah tiga kegiatan pengumpulan data yang berbeda dalam hal bagaimana data diperoleh dan oleh siapa data ditulis. Data atau jawaban dalam observasi diperoleh melalui pengamatan dan dituliskan oleh pengamat atau peneliti di dalam lembar perek .

Sumber: http://id.shvoong.com/business-management/accounting/2175754-pengertian-pemeriksaan-menurut-para-ahli/#ixzz1q783ilwP


    3.   pengamatan
adalah proses dan eksperimen fisis untuk menurunkan h ...
Banyak pelajar yang dididik dengan pandangan keilmuan yang terkenal, atau setidaknya harus dikenal. Tetapi, status ilmu yang sebagian besar kita pelajari boleh jadi menyesatkan. Ide-ide “metode ilmiah” juga bisa jadi keliru. Ini mungkin disebabkan para ilmuwan itu sendiri yang cenderung tidak mau tahu kemungkinan-kemungkinan filsafat ilmu.

Artikel ini disalin dari : http://blog.tp.ac.id/tag/makalah-pengertian-pengamatan#ixzz1pccCnQ4u



3. Pemeriksaan

A. Agoes (2004) mendefinisikan pemeriksaan (auditing) sebagai suatu pemeriksaan yang dilakukan secara kritis dan sistematis, oleh pihak yang independent, terhadap laporan keuangan yang disusun oleh manajemen, beserta catatan – catatan pembukuan dan bukti – bukti pendukungnya, dengan tujuan untuk dapat memberikan pendapat mengenai kewajaran laporan keuangan tersebut.


B.  Boynton et.al (2002) mendefinisikan pemeriksaan (auditing) sebagai suatu proses sistematis untuk memperoleh serta mengevaluasi bukti secara objektif mengenai asersi-asersi kegiatan dan peristiwa ekonomi, dengan tujuan menetapkan derajat kesesuaian antara asersi-asersi tersebut dengan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya serta penyampaian hasil-hasilnya kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
Sumber: http://id.shvoong.com/business-management/accounting/2175754-pengertian-pemeriksaan-menurut-para-ahli/#ixzz1q783ilwP




TUGAS II


1. Pengertian sampel

 Sampel adalah sebagian anggota dari populasi yang dipilih dengan prosedur tertentu dan diharapkan dapat mewakili suatu populasi.

2. Tehnik-Tehnik pengambilan sampel:
          a.Sampel Random Sederhana (Simple Random Sampling)
          b.Sampel Random Sistematik (Systematic Random Sampling)
          c.Sampel Random Berstrata (Stratified Random Sampling)
          d.Sampel Random Berkelompok (Cluster Sampling)
          e.Sampel Bertingkat (Multi Stage Sampling)

3. Jelaskan kekurangan dan kelebihan dari masing-masing tehnik sampel tersebut

Adapun 5 cara dalam pengambilan sampel yang dilakukan secara random, yaitu :
a.Sampel Random Sederhana (Simple Random Sampling).Proses pengambilan sampel dilakukan dengan memberi kesempatan yang sama pada setiap anggota populasi untuk menjadi anggota sampel. Sampel dan populasi dipilih secara random.
Keuntungan cara ini adalah estimasinya sederhana. Tetapi, cara ini membutuhkan daftar anggota keseluruhan dari populasi dan ada kemungkinan sampel tersebar dalam suatu daerah yang luas.

b.Sampel Random Sistematik (Systematic Random Sampling)Keuntungan dari cara ini adalah setiap perencanaan yang dilakukan mudah. Kekurangannya adalah cara ini membutuhkan daftar populasi.

c.Sampel Random Berstrata (Stratified Random Sampling)
Keuntungan adalah cepat dalam menafsirkan karakteristik populasinya. Kerugiannya adalah diperlukan daftar dari setiap strata dan apabila daerah yang diamati sangat luas maka akan menambah biaya taransportasi.

d.Sampel Random Berkelompok (Cluster Sampling)
Keuntungan dari cara ini adalah tidak memerlukan daftar populasi sehingga tidak ada biaya transportasi. Kerugiannya adalah sulit dalam menentukan estimasinya.

e.Sampel Bertingkat (Multi Stage Sampling)
Metode ini dapat dipakai apabila jumlah populasi yang diamati besar dan bersifat homogen. Cara ini dapat dilakukan untuk daerah yang sangat luas. Keuntungan cara ini adalah biaya transportasi sangat kecil. Adapun yang menjadi kerugian dari pemakaian cara ini adalah perlu kecermatan dalam pengambilan sampel karena sifatnya yang banyak.

Ditulis Oleh : irwansyah Hari: Senin, Juni 25, 2012 Kategori:

0 komentar:

Poskan Komentar

jangan lupa komentar yah